Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh (Saudaraku), Ahlan wa Sahlan di Blog Islami. Dengan Hanya Mengharap Ridho ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA dan Nawaitu Syiar Kami Berbagi Ilmu. Materi Kandungan Al-Qur'an, Doa, Hadist, Sunnah, Kajian dan Foto Masjid Koleksi Pribadi Kami. Alhamdulillah InsyaAllah Bermanfaat...Aamiin. Jazzakumullah. Wassalamu'alaikum

23 AMALAN SUNNAH Di HARI JUM'AT (Bagian 20)

20. Tidak Lewat di Depan Orang Shalat


Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzah berkata,
“Berjalan di depan orang shalat di antara dia dan sutrah (pembatas)nya adalah perbuatan haram, karena mengganggu dan mengacaukan konsentrasinya dalam bermunajat kepada Allah subhanahu wata’ala.
Perbuatan ini dilarang dengan keras dan pelakunya mendapatkan ancaman yang sangat berat, sebagaimana dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjelaskan bahwa berdiri selama empat puluh (hari atau bulan atau tahun, perawi tidak tahu persis-red) adalah lebih baik daripada lewat di hadapan orang yang sedang shalat.
Oleh karena itu dibolehkan bagi yang sedang shalat untuk mencegah orang yang akan melewatinya, jika sekiranya masih ada jalan lain yang memungkinkan untuk dilewati. Karena dalam sebuah hadits yang bersumber dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, artinya,
“Jika salah seorang diantara kalian shalat menghadap sutrah (yang menghalangi) orang (untuk lewat), lalu ada seseorang yang mau melewatinya maka tahanlah dia. Apabila menolak maka lawanlah dia karena dia adalah syetan.”
(HR.al-Bukhari dan Muslim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 AMALAN SUNNAH Di HARI JUM'AT (Bagian 20)"

Posting Komentar